Sabtu, 15 Desember 2012

INOVASI MODEL PEMBELAJARAN TERBARU

ini adalah salah satu tugas di semester tua, membuat suatu inovasi tiap kelompok. dan inilah hasil diskusi kelompok kami hehehe



Langkah-langkah strategi pembelajaran ”SUS (Satu Untuk Semua)” yang di persembahkan Oleh kelompok MAW (Mari Aktifkan Wawasan) Untuk Mencerdaskan Bangsa Indonesia
 adalah sebagai berikut :
1.      Pada pertemuan sebelumnya, guru meminta siswanya untuk mempelajari materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
2.      Guru membuat Soal berdasarkan tujuan pembelajaran
3.      Guru menyiapkan media (gambar, video, dll) sesuai dengan materi pembelajaran
4.      Guru mengecek daftar bacaan siswa.
5.      Guru menyampaikan aturan dalam kegiatan pembelajaran yang akan berlangsung tersebut :
·         Setiap 3 menit soal akan berpindah kepada teman sebelahnya
·         Setiap 3 menit ada tanda / clue dari guru yang menandakan bahwa siswa harus memindahkan kertas yang berisikan soal
6.      Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok, dimana setiap kkelompok terdiri dari 4-8 siswa.
7.      Guru membagikan satu paket soal kepada setiap kelompok
·         Setiap siswa dalam satu kelompok akan menerima soal yang berbeda
8.      Siswa mengerjakan soal selama 7 menit dengan kebebasan memperoleh informasi yaitu membaca buku, bertanya kepada teman, dll.
9.      Guru memberi clue setelah waktu habis dan soal berpindah kepada teman sekelompoknya (rolling).
10.  Setelah soal berpindah, setiap siswa wajib memberi tanggapan dari jawaban temannya baik berupa suatu persetujuan maupun berupa penolakan disertai alasan (tanggapan oleh siswa dilakukan selama 4 menit). Setelah 4 menit berlalu guru memberikan sebuah clue penunjuk waktu berakhir. Begitu seterusnya sampai seluruh siswa menerima/ mendapatkan semua soal.


Rounded Rectangle: Soal   :
Jawaban :




Nama
Tanggapan













11.  Setelah semua siswa membaca soal dan menanggapi jawaban temannya, maka (rolling dinyatakan selesai), dan guru menarik lembar soal.
12.  Guru membahas soal & memberi point jika jawaban/tanggapan siswa benar
13.  Siswa yang mendapat point boleh menempelkan bintang di papan yang telah disediakan, sehingga siswa mengetahui kemajuan belajarnya sendiri
14.  Setelah semua soal dibahas bersama-sama, kemudian siswa diminta oleh guru untuk mengerjakan soal evaluasi dan refleksi dengan cara membuat catatan tertulis mengenai materi apa saja yang sudah dipelajari & perasaannya/kesannya setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran tersebut.

NB: mohon komentarnya ^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar