Rabu, 28 Maret 2012

PENTINGNYA PERAN GURU DALAM MENYAJIKAN MINUMAN SEHAT UNTUK MEMACU PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK


PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Guru mempunyai peran yang sangat penting dalam pendidikan siswa di Sekolah Dasar. Pengetahuan dan pengalaman yang diberikan guru sejak Sekolah Dasar akan tertanam kuat dalam diri siswa sampai besar. Peran aktif guru untuk memberikan bekal pengetahuan, pembiasaan, keteladanan yang baik bagi kebiasaan hidup siswa akan sangat membantu menjadikan siswa yang berkualitas. Dalam berbagai hal peran guru Sekolah Dasar sangat diperlukan. Dalam hal ini yang disoroti adalah peran guru dalam hal membekali pengetahuan siswa tentang minuman yang sehat untuk kehidupannya.

Minuman sehat adalah salah satu faktor penting dalam perkembangan dan pertumbuhan siswa Sekolah Dasar. Apalagi 70% dari tubuh manusia terdiri dari cairan, maka minuman adalah penentu bagi kesehatan tubuh manusia. Pembekalan pengetahuan dan contoh yang baik dari guru tentang minuman sehat diharapkan akan membawa siswa untuk mampu memilih minuman dalam praktek kesehariannya. Apalagi tantangan guru saat ini adalah banyaknya bermunculan minuman kemasan yang tidak sehat. Minuman kemasan ini mengandung berbagai zat yang berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Zat yang berbahaya tersebut berupa zat pewarna, zat pengawet dan sebagainnya.

Dengan realita diatas maka kami membahas tentang berbagai hal menyangkut minuman sehat yang diharapkan bisa memberikan pembekalan bagi calon guru.

B.     Rumusan Masalah
Dari latar belakang yang telah dipaparkan di atas maka dapat dibuat rumusan masalah sebagai berikut :
1.      Apakah yang dimaksud dengan minuman sehat?
2.      Apakah kriteria minuman sehat?
3.      Bagaimanakah bahaya minuman yang tidak sehat?
4.      Bagaimanakah peran guru dalam menyajikan minuman sehat?
C.     Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui pengertian minuman sehat.
2.      Untuk mengetahui kriteria minuman sehat.
3.      Untuk mengetahui minuman berbahaya
4.      Untuk mengetahui peran guru dalam menyajikan minuman sehat.



















PEMBAHASAN
A.    MINUMAN SEHAT
1.     Pengertian Minuman Sehat
Minuman sehat adalah air yang telah diolah yang digunakan untuk kesehatan atau kebutuhan tubuh. Air yang sehat adalah air yang bebas bakteri, racun, dan mengandung banyak mineral yang berguna bagi  tubuh.
2.     Ciri-ciri Minuman Sehat
Ciri-ciri minuman sehat adalah;
I. Ciri air putih yang menyehatkan:
- telah dimasak
- tidak berbau
- tidak berasa
- tidak berwarna

II. Ciri minuman sehat lainnya adalah;
- tidak diberi pengawet
- tidak diberi pewarna buatan,
- tidak diberi pemanis buatan,
- berasal dari bahan alami/ natural

3.     Fungsi Minuman Bagi Tubuh
Fungsi minuman bagi tubuh adalah sebagai zat pembangun, pengatur, pelarut dan penyeimbang suhu tubuh.
4.     Contoh Minuman Sehat

1.      Air Putih
Air putih merupakan kunci utama hidup sehat.Minum enam gelas air putih setiap hari dapat mencegah terkena penyakit, serta mengurangi kerutan. Air putih bahkan dapat meningkatkan metabolisme.
Beberapa manfaat Air Putih :
1). Memperlancar sistem pencernaan
Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit. Pembakaran kalori juga akan berjalan efisien.
2). Air putih membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, plus mencegah penyakit batu ginjal dan hati. Minum air putih akan membuat tubuh lebih berenergi.
3). Perawatan kecantikan
Bila seseorang kurang minum air putih, tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Selain itu, air putih dapat melindungi kulit dari luar, sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit.
Untuk menjaga kecantikan pun, kebersihan tubuh hares benar-benar diperhatikan, ditambah lagi minum air putih 8 – 10 gelas sehari.
4). Untuk kesuburan
Meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita.
Menurut basil penelitian dari sebuah lembaga riset trombosis di London, Inggris, jika seseorang selalu mandi dengan air dingin maka peredaran darahnya lancar dan tubuh terasa lebih segar dan bugar. Mandi dengan air dingin akan meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh serta meningkatkan kemampuan seseorang terhadap serangan virus. Bahkan, mandi dengan air dingin di waktu pagi dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita. Dengan begitu kesuburan serta kegairahan seksual pun akan meningkat. Selain itu jaringan kulit membaik, kuku lebih sehat dan kuat, tak mudah retak.
5). Menyehatkan jantung
Air juga diyakini dapat ikut menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran papas, usus, dap penyakit kewanitaan, dll.
Bahkan saat ini cukup banyak pengobatan altenatif yang memanfaatkan kemanjuran air putih.
6). Sebagai obat stroke
Air panas tak hanya digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit, tapi juga efektif untuk mengobati lumpuh, seperti karena stroke. Sebab, air tersebut dapat membantu memperkuat kembali otot-otot dan ligamen serta memperlancar sistem peredaran darah dan sistem pernapasan. Efek panas menyebabkan pelebaran pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenisasi jaringan, sehingga mencegah kekakuan otot, menghilangkan rasa nyeri serta menenangkan pikiran.
Kandungan ion-ion terutama khlor, magnesium, hidrogen karbonat dan sulfat dalam air panas, membantu pelebaran pembuluh darah sehingga meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu pH airnya mampu mensterilkan kulit.
7). Efek relaksasi
Cobalah berdiri di bawah shower dan rasakan efeknya di tubuh. Pancuran air yang jatuh ke tubuh terasa seperti pijatan dan mampu menghilangkan rasa capek karena terasa seperti dipijat. Sejumlah pakar pengobatan alternatif mengatakan, bahwa bersentuhan dengan air mancur, berjalan-jalan di sekitar air terjun, atau sungai dan taman dengan banyak pancuran, akan memperoleh khasiat ion-ion negatif. Ion-ion negatif yang timbul karena butiran-butiran air yang berbenturan itu bisa meredakan rasa sakit, menetralkan racun, memerangi penyakit, serta membantu menyerap dan memanfaatkan oksigen. Ion negatif dalam aliran darah akan mempercepat pengiriman oksigen ke dalam sel dan jaringan.
Bukan itu saja jika mengalami ketegangan otot dapat dilegakan dengan mandi air hangat bersuhu sekitar 37 derajat C. Selagi kaki terasa pegal kita sering dianjurkan untuk merendam kaki dengan air hangat dicampur sedikit garam. Nah, jika Ukhtiy punya shower di rumah cobalah mandi dan nikmati hasilnya. Oh ya, shower di rumah juga menghasilkan ion negatif.
8). Menguruskan badan
Air putih juga bersifat menghilangkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine. Bagi yang ingin menguruskan badan pun, minum air hangat sebelum makan (sehingga merasa agak kenyang) merupakan satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Apalagi air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Namun yang terbaik adalah minum air putih pada suhu sedang, tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin. Mau kurus?, minum air putih saja.
9). Tubuh lebih bugar
Khasiat air tak hanya untuk membersihkan tubuh saja tapi juga sebagai zat yang sangat diperlukan tubuh. Ukhtiy mungkin lebih dapat bertahan kekurangan makan beberapa hari ketimbang kurang air. Sebab, air merupakan bagian terbesar dalam komposisi tubuh manusia.
Jumlah air yang menurun dalam tubuh, fungsi organ-organ tubuh juga akan menurun dan lebih mudah terganggu oleh bakteri, virus, dll. Namun, tubuh manusia mempunyai mekanisme dalam mempertahankan keseimbangan asupan air yang masuk dan yang dikeluarkan. Rasa haus pada setiap orang merupakan mekanisme normal dalam mempertahankan asupan air dalam tubuh. Air yang dibutuhkan tubuh kira-kira 2-2,5 l (8 – 10 gelas) per hari. Jumlah kebutuhan air ini sudah termasuk asupan air dari makanan (seperti dari kuah sup, soto, dll), minuman seperti susu, teh, kopi, sirup dll. Selain itu, asupan air juga diperoleh dari hasil metabolisme makanan yang dikonsumsi dan metabolisme jaringan di dalam tubuh.
Nah, air juga dikeluarkan tubuh melalui air seni dan keringat. Jumlah air yang dikeluarkan tubuh melalui air seni sekitar 1 liter per hari. Kalau jumlah tinja yang dikeluarkan pada orang sehat sekitar 50 – 400 g/hari, kandungan aimya sekitar 60 – 90 % bobot tinja atau sekitar 50 – 60 ml air sehari.
Sedangkan, air yang terbuang melalui keringat dan saluran napas dalam sehari maksimum 1 liter, tergantung suhu udara sekitar. Belum lagi faktor pengeluaran air melalui pernapasan. Seseorang yang mengalami demam, kandungan air dalam napasnya akan meningkat. Sebaliknya, jumlah air yang dihirup melalui napas berkurang akibat rendahnya kelembapan udara sekitamya.
Tubuh akan menurun kondisinya bila kadar air menurun dan kita tidak segera memenuhi kebutuhan air tubuh tersebut. Kardiolog dari AS, Dr James M. Rippe memberi saran untuk minum air paling sedikit seliter lebih banyak dari apa yang dibutuhkan rasa haus kita. Pasalnya, kehilangan 4% cairan saja akan mengakibatkan penurunan kinerja kita sebanyak 22 %! Bisa dimengerti bila kehilangan 7%, kita akan mulai merasa lemah dan lesu.
Asal tahu saja, aktivitas makin banyak maka makin banyak pula air yang terkuras dari tubuh. Untuk itu, pakar kesehatan mengingatkan agar jangan hanya minum bila terasa haus Kebiasaan banyak minum, apakah sedang haus atau tidak, merupakan kebiasaan sehat!
Jika kuliah di ruang ber-AC, dianjurkan untuk minum lebih banyak karena udara yang dingin dan tubuh cepat mengalami dehidrasi. Banyak minum juga akan membantu kulit tidak cepat kering. Di ruang yang suhunya tidak tetap pun dianjurkan untuk membiasakan minum meski tidak terasa haus untuk menyeimbangkan suhu.

2. Jus Jeruk Murni
Melindungi dari penyakit jantung. Antioksidan di jus jeruk membantu melindungi jantung Anda dengan memerangi peradangan yang dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah. Pertimbangkan ini: Orang yang makan makanan cepat saji dengan segelas jus jeruk punya lebih sedikit zat radikal bebas perusak arteri dalam darah dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi burger dan kentang goreng dengan air putih, sebuah hasil studi dalam The American Journal of Clinical Nutrition. Bukankah itu alasan yang baik untuk memilih jus? Tapi perhatikan pula tingkat kandungan gulanya-satu cangkir berisi 21 gram dan 122 kalori.

4. Chocolate Milk(Susu Cokelat)
Segelas susu skim coklat memberikan kandungan besar karbohidrat dan protein, membantu Anda pulih setelah latihan. Atlet yang meminumnya pasca-latihan mengurangi tingkat kerusakan otot setelah empat hari intens latihan daripada mereka yang minum air putih atau minuman pemulihan lainnya, sesuai dengan temuan dipresentasikan pada pertemuan American College of Sports Medicine di Seattle. Itu berarti lebih sedikit rasa sakit dan kelelahan, sehingga Anda dapat kembali ke gym dan mulai berlatih lagi. Cukup aduk 2 sdm coklat bubuk atau sirup yang memiliki kurang dari 20 g gula ke dalam susu Anda dan minum.


5. Green Tea(Teh Hijau)
Dapat menjaga berat badan stabil. Tikus yang di ujicoba minum teh hijau sebanyak 22 persen punya kemungkinan rendah untuk menaikkan berat badan daripada mereka yang hanya hanya minum teh biasa, menurut penelitian di Jurnal Internasional Obesitas. Polyphenol dalam minuman ini membuat metabolisme di dalam diri Anda dan membuatnya lebih mudah membakar lemak dalam tubuh. Tambah lagi, Antioksidan dalam teh hijau dapat mengurangi risiko terkena kanker dan penyakit jantung. Cobalah yg dingin di musim panas!

6. Tomato Juice(Jus Tomat)
Dapat menurunkan resiko kanker dalam tubuh Anda! Kandungan dalam buah ini sarat vitamin dan lycopene, melindungi dari kanker. Cobalah dengan tambahan rempah-rempah, batang seledri dan no-vodka untuk koktail setiap saat di siang hari!

7. Black Tea(Teh Hitam)
Dapat membantu menangkis kanker kulit. Kandungan yang terdiri dari flavonoid, antioksidan membawa zat antikanker. Penelitian menunjukkan bahwa meneguk secangkir teh atau lebih sehari dapat menurunkan risiko timbulnya sel karsinoma skuamosa di dalam tubuh, sel yang terdapat di kanker kulit, sebanyak 30 persen. Panas atau dingin, teh hitam adalah tambahan yg lezat untuk cara perawatan kulit Anda - dan cara yang baik untuk bangun berkat kandungan kafein di dalamnya-jadi panaskanlah ketel Anda setiap pagi!


B.   BAHAYA MINUMAN KEMASAN
Artikel tentang bahaya minuman kemasan :
Posted by Ihwan on Nov 27, '06 9:13 PM for everyone

Hati-hati mengonsumsi minuman dalam kemasan.
Terutama minuman berjenis isotonik. Zat pengawet yang ada dalam minuman kemasan itu sangat berbahaya. Salah satunya dapat menyebabkan penyakit sistemic lupus
erythematosus (SLE) yang menyerang sistem kekebalan  tubuh.

Komite Masyarakat Antibahan Pengawet (Kombet) kemarin
merilis hasil risetnya terhadap 28 minuman dalam kemasan. Yang paling banyak diteliti adalah minuman isotonik.Ternyata sebagian besar minuman dalam kemasan mengandung bahan pengawet yang membahayakan tubuh," kata Ketua Kombet Nova Kurniawan saat konferensi pers di Hotel Sari Pan Pasific kemarin.

Penelitian Kombet yang disupervisi Lembaga Penelitian
Pendidikan dan Penerangan Jakarta itu dilakukan di tiga laboratorium,yakni di Sucofindo Jakarta, M-Brio Bogor, dan Bio-Formaka Bogor. Ada dua  zat pengawet yang dicari dalam minuman kemasan, yakni natrium benzoate dan kalium sorbet. Riset tersebut dilakukan 17 Oktober hingga 3 November
2006.

Hasilnya, minuman dalam kemasan diklasifikasi dalam
empat kategori. Kategori pertama adalah produk yang tidak ditemukan bahan pengawet natrium benzoate
dan kalium sorbat. Yakni, Pocari Sweat, Vita-Zone, NU
Apple EC, Jus AFI, dan Sportion.

Kategori kedua, produk yang memakai pengawet natrium
benzoat dan mencantumkannya di label kemasan. Minuman yang masuk kategori ini adalah Freezz Mix, Ize Pop, Nihau Orange Drink, Zhuka Sweat, Amazone, Kino Sweat,
Arinda Sweat, Arinda Ice Coffee, Cafeta, Vzone, Pocap,
Amico Sweat, Okky Jelly Drink, Deli Jus, dan Fruitsam.

Ada juga minuman yang mengandung dua pengawet, natrium
benzoat dan kalium sorbat, tetapi hanya mencantumkan satu jenis pengawet. Yakni Mizone, Boy-zone, dan Zegar Isotonik. Yang paling parah adalah minuman yang mengandung pengawet, tapi tidak mencantumkannya dalam
label kemasan. Minuman tersebut adalah Kopi Kap, Jolly Cool Drink, Zporto, Jungle Juice, Zestea,
dan Mogu-mogu.

"Kategori ketiga dan keempat masuk dalam kategori
pembohongan publik. Dirjen Pengawasan Obat dan Makanan Depkes harus bertindak tegas dan menarik produk tersebut dari pasar," kata Nova.

Kombet berencana melakukan class action terhadap BPOM
karena mengeluarkan izin minuman berbahan pengawet yang membahayakan manusia. Produsen minuman
juga dianggap melanggar Permenkes 722 Tahun 1988 tentang Bahan Tambahan Makanan. Juga UU No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, serta UU No
7 Tahun 1996 tentang Pangan. "Jalur hukum sedang disusun berkasnya," katanya.

Peneliti Lembaga Konsumen Jakarta (LKJ) Nurhasan yang
ikut dalam konferensi pers kemarin mengatakan, perkembangan penyakit lupus meningkat tajam di
Indonesia. "Tahun ini saja, di RS Hasan Sadikin Bandung sudah terdapat 350 orang yang terkena SLE (sistemic lupus erythematosus)" jelasnya.

Penyakit tersebut merupakan peradangan menahun yang
menyerang berbagai bagian tubuh, terutama kulit, sendi, darah, dan ginjal. Hal itu disebabkan adanya gangguan autoimun dalam tubuh.

Sistem kekebalan tubuh seseorang yang seharusnya
menjadi antibodi tidak berfungsi melindungi, tapi justru sebaliknya, menggerogoti tubuh sendiri.
Gejalanya, kulit membengkak, kencing berdarah atau berbuih, gatal-gatal, dan sebagainya. "Penyakit ini menyebabkan kematian dan belum ada obatnya," terang Nurhasan.

Penyakit lain yang disebabkan bahan pengawet minuman dalam kemasan adalah kanker.

C.    PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK
SEORANG anak bukan merupakan orang dewasa dalam bentuk kecil, karena ia mempunyai sifat berlainan dari orang dewasa. Ia harus tumbuh dan berkembang sampai dewasa agar dapat berguna bagi masyarakat. Walaupun pertumbuhan dan perkembangan berjalan menurut norma-norma tertentu, seorang anak dalam banyak hal bergantung kepada orang dewasa, misalnya mengenai makan, perawatan, bimbingan, perasaan aman, pencegahan penyakit dan sebagainya. Oleh karena itu semua orang yang mendapat tugas mengawasi anak harus mengerti persoalan anak yang sedang tumbuh dan berkembang, misalnya keperluan dan lingkungan anak pada waktu tertentu agar anak dapat tumbuh dan berkembang sebaik-baiknya.
Sebuah organ yang tumbuh berarti organ itu akan menjadi besar, karena sel-sel dan jaringan di antara sel bertambah banyak. Selama pembiakan, sel berkembang menjadi sebuah alat (organ) dengan fungsi tertentu. Pada permulaannya, organ ini masih sederhana dan fungsinya belum sempurna.Lambat laun organ tersebut dengan fungsinya akan tumbuh dan berkembang menjadi organ yang matang, seperti yang diperlukan orang dewasa. Dengan demikian pertumbuhan, perkembangan dan kematangan tidak dapat dipisahkan satu dari yang lain.
Untuk perkembangan yang normal diperlukan pertumbuhan yang selalu bersamaan dengan kematangan fungsi. Untuk pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimum diperlukan berbagai faktor misalnya makanan harus disesuaikan dengan keperluan anak yang sedang tumbuh. Penyakit infeksi akut maupun kronis menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak, sehingga pencegahan penyakit menular merupakan hal yang penting, di samping diperlukan bimbingan, pembinaan, perasaan aman dan kasih sayang dari ayah dan ibu yang hidup rukun, bahagia dan sejahtera dalam lingkungan yang sehat.
Sebelum bayi lahir terdapat pertumbuhan dan perkembangan yang cepat sekali, yaitu dari seorang makhluk yang terdiri hanya dari satu sel sampai terjadi seorang bayi yang setelah dilahirkan dapat hidup sendiri terpisah dari ibunya. Triwulan pertama masa embrio sangat penting, karena merupakan masa pembentukan organ dan beberapa organ telah mulai bekerja. Bila dalam masa ini pertumbuhan embrio dipengaruhi oleh obat, penyakit virus atau radiasi, maka akan terjadi perubahan pada organ yang sedang tumbuh tersebut yang selanjutnya akan menyebabkan kelainan bawaan.
Dalam triwulan berikutnya janin lebih tahan, beberapa organ telah selesai pertumbuhannya. Pada masa ini terutama terjadi perkembangan fungsi dan panjang janin juga bertambah. Akhir bulan keempat panjang janin 35 cm (kira-kira 70% dari panjang badan bayi baru lahir). Selama triwulan terakhir, berat badan bertambah dengan cepat sekali dan terutama terdapat penambahan jaringan lemak di bawah kulit. Bayi lahir dengan berat rata-rata 3000 gram dan panjang badan 48 cm di Indonesia, sedangkan di negara maju berat badan rata-rata bayi baru lahir adalah 3300 gram dan panjang 50 cm.
Pada bayi baru lahir besar kepala merupakan 1/4 panjang badan, sedangkan anggota gerak kira-kira 1/4 panjang badan. Besar kepala orang dewasa hanya 1/8 panjang badannya dan anggota geraknya 1/2 panjang badannya. Pada umur 2 tahun, umbilicus merupakan pusat badan, sedangkan pada orang dewasa pusat badan adalah simfisis. Berat fetus 90% terdiri dari air, sedangkan pada bayi baru lahir 70-80% dan pada orang dewasa 50%. Setelah bayi lahir, berat badan akan menurun karena kurangnya minum, kehilangan cairan tubuh melalui kencing, pernafasan kulit dan mekonium. Penurunan fisiologis ini dapat mencapai 10% dari berat badan waktu lahir. Sesudah 10-14 hari berat badan waktu lahir dapat dicapai kembali. Ciri khas dari anak ialah ia selalu berubah baik secara jasmaniah maupun secara fungsionil.
Tahap pertumbuhan anak:
  1. Pertumbuhan yang cepat sekali dalam tahun pertama, yang kemudian mengurang secara berangsur-angsur sampai umur 3-4 tahun.
  2. Pertumbuhan yang berjalan lamban dan teratur sampai masa akil balik.
  3. Pertumbuhan cepat pada masa akil balik (12-16 tahun).
  4. Pertumbuhan kecepatannya mengurang berangsur-angsur sampai suatu waktu (kira-kira umur 18 tahun) berhenti.
Pada permulaan akil balik, pertumbuhan cepat sekali. Dalam masa yang pendek ini panjang anak dapat bertambah lebih kurang 10 cm per-tahun. Sampai akil balik pertumbuhan anak pria dan wanita kecepatannya berkurang menurut norma tertentu, tetapi setelah itu terdapat perbedaan. Pada wanita di negeri maju akil balik mulai 2 tahun lebih cepat dari pada pria (growthspurt) sehingga pertumbuhan cepat terdapat lebih dahulu daripada pria. Namun jalannya pertumbuhan pria selama masa akil balik lebih cepat dibandingkan dengan anak wanita. Anak pria tumbuh dua tahun lebih lama dengan kecepatan 5 cm pertahun dan pada masa akil balik tumbuh beberapa cm lebih cepat daripada anak wanita, sehingga panjang anak pria kira-kira 12 cm lebih panjang dari anak wanita.
Penyakit akut yang berat dapat menghambat pertumbuhan anak, tapi bila hambatan yang terjadi tidak besar, maka keterlambatan pertumbuhan tersebut masih dapat dikejar. Selain penyakit, makanan, keadaan sosial-ekonomi, terdapat pula beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi pertumbuhan, yaitu:
  1. Faktor genetis Tidak semua orang mempunyai panjang/tinggi badan yang sama. Kemampuan untuk menjadi panjang atau pendek diturunkan menurut ketentuan tertentu, sehingga anak yang tinggi biasanya berasal dari orang tua yang tinggi pula.
  2. Beberapa hormon yang mempengaruhi pertumbuhan.
  3. Hormon pertumbuhan hipofisis mempengaruhi pertumbuhan jumlah sel tulang.
  4. Hormon tiroid yang mempengaruhi pertumbuhan dan kematangan tulang.
  5. Hormon kelamin pria di testis dan kelenjar suprarenalis dan pada wanita di kelenjar suprarenalis, merangsang pertumbuhan selama jangka waktu yang tidak lama. Di samping itu hormon tersebut juga merangsang pematangan tulang sehingga pada suatu waktu pertumbuhan berhenti. Hormon ini bekerja terutama pada pertumbuhan cepat selama masa akil balik.
Perubahan tubuh pada masa akil balik berlangsung karena pengaruh hormon kelamin dan hipofisis. Pada permulaan akil balik terdapat penambahan berat badan yang mencolok disertai dengan penambahan panjang badan. Pada anak wanita terdapat pembesaran uterus, ovarium, vagina pada umur8-10 tahun. Organ-organ ini mencapai kedewasaan pada umur 18-20 tahun. Pertumbuhan kelamin sekunder dimulai dengan membesarnya payudara yang didahului oleh pembesaran dan pigmentasi puting dan areola mamae. Bersamaan dengan ini pinggul menjadi lebar karena tulangnya menjadi lebar. Satu tahun kemudian terdapat pertumbuhan rambut di daerah pubis, setengah tahun kemudian terdapat pertumbuhan rambut di ketiak. Pada waktu ini terjadi menstruasi pertama, yang di negeri maju dimulai pada umur kira-kira 13 ½ tahun. Menstruasi ini berlangsung tidak teratur pada tahun pertama, tetapi kemudian menjadi teratur pada umur 16-18 tahun.
Pada anak pria, permulaan akil balik ditandai dengan pembesaran penis, testis dan scrotum. Pertumbuhan berupa pigmentasi dan kerut-kerutan juga terjadi pada scrotum. Ejakulasi terjadi pada umur kira-kira 15-16 tahun. Tidak lama sesudah pembesaran organ kelamin, terdapat pertumbuhan rambut di pubis, ketiak, kumis, janggut. Kemudian terdapat perubahan suara. Muka menjadi lebih jelas, bahu menjadi lebar dan terdapat penambahan jumlah dan kekuatan otot-otot. Pada umumnya dapat dikatakan bahwa anak pria pada umur 18-20 tahun jasmaninya telah meningkat. Seluruh perkembangan gejala akil balik berlangsung menurut norma tertentu, walaupun juga terdapat perbedaan kecepatan antara anak yang satu dibandingkan dengan anak yang lain. Hal ini disebabkan oleh faktor keturunan, beberapa hormon, makanan dan adanya hambatan oleh penyakit. Gejala yang tidak sama untuk seluruh dunia ialah bahwa rata-rata manusia sekarang lebih cepat mengalami akil balik dan menjadi ebih tinggi. Hal ini akan mengakibatkan masalah bagi remaja maupun orang tuanya.
Dalam hal ini penekanannya terkandung dalam pentingnya pemenuhan kebutuhan makanan dan minuman anak untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya. Pemenuhan gizi yang seimbang dalam tubuh anak akan sangat memperngaruhi perkembangan dan pertumbuhan anak.

D.   PENTINGNYA PERAN GURU
Peran guru dalam pendidikan formal (sekolah) adalah “mengajar”. Saat ini banyak guru yang karena kesibukannya dalam mengajar lupa bahwa
siswa yang sebenarnya harus belajar. Jika guru
secara intensif mengajar tetapi siswa tidak intensif
belajar maka terjadilah kegagalan pendidikan formal.
Jika guru sudah mengajar tetapi murid belum
belajar maka guru belum mampu membelajarkan
murid.
Menurut Yamamoto, belajar mengajar akan
mencapai titik optimal ketika guru dan murid
mempunyai intensitas belajar yang tinggi dalam
waktu yang bersamaan. Kedudukan guru dan
siswa haruslah dianggap sejajar dalam belajar, jika
kita memandang siswa adalah subyek pendidikan
(Sumarsono, 1993). Guru dan siswa sama-sama
belajar, kebenaran bukan mutlak di tangan guru.
Guru harus memberi kesempatan seluas-luasnya
bagi siswa untuk belajar dan memfasilitasinya agar
siswa dapat mengaktualisasikan dirinya untuk
belajar. Gurupun harus mengembangkan
pengetahuannya secara meluas dan mendalam
agar dapat memfasilitasi siswanya. Inilah peran
guru dari guru.
Di samping orang tua, pelaku utama
pendidikan adalah guru, sehingga seringkali guru
dalam paradigma lama berlaku sebagai sumber
utama ilmu pengetahuan dan menjadi segalagalanya
dalam pengajaran. Guru adalah orang
yang digugu dan ditiru, sehingga tak pelak lagi guru
menjadi orang yang setengah didewakan oleh
anak didiknya. Tetapi peran guru yang sentral
dalam pendidikan kurang berpengaruh terhadap
pembelajaran siswanya. Hal ini tentunya sebatas
hubungan formal yang tidak mendalam dalam
membangun kesadaran siswa untuk belajar
dengan sepenuh hatinya.
Guru pada era sekarang bukan satu-satunya
sumber pengetahuan karena begitu luas dan cepat
akses informasi yang menerpa kita, sehingga tidak
mungkin seseorang dapat menguasai begitu luas
dan dalamnya ilmu pengetahuan serta
perkembangannya. Akan lebih tepat jika guru
berlaku sebagai fasilitator bagi para siswanya
sehingga siswa memiliki kepandaian dalam
memperoleh informasi, belajar memecahkan

Dalam hal ini penekanannya adalah peran-peran guru yang tersebut diatas dalam hal memberikan pengetahuan dan pembekalan tentang pentingnya minuman sehat. terhadap anak didiknya. Dimana keprofesionalan dan fungsinya juga harus ditunjukkan dalam contoh atau keteladanannya terhadap siswa.

Secara singkat pentingnya peran guru dalam menyajikan minuman sehat adalah :
  1. Memberikan pembekalan kepada anak agar mengetahui minuman yang sehat dikonsumsi bagi tubuh
  2. Memberikan pengetahuan kepada anak tentang bahaya minuman yang tidak sehat, dengan tujuan agar anak mencegah dirinya dari meminum minuman yang tidak sehat.
  3. Agar anak mampu berperilaku hidup sehat sejak dini.
  4. Anak mengetahui tentang pengaruh minuman sehat dan minuman tidak sehat bagi perkembangan dan pertumbuhan tubuhnya.
























PENUTUP
A.KESIMPULAN

 Minuman sehat adalah air yang telah diolah yang digunakan untuk kesehatan atau kebutuhan tubuh. Air yang sehat adalah air yang bebas bakteri, racun, dan mengandung banyak mineral yang berguna bagi  tubuh.

Minuman adalah salah satu factor penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Fungsi minuman bagi tubuh adalah sebagai zat pembangun, pengatur, pelarut dan penyeimbang tubuh. Seorang guru dalam pendidikan disekolah mempunyai peran penting dalam menyajikan minuman sehat bagi anak.
Usia anak Sekolah Dasar adalah dalam fase pertumbuhan dan perkembangan yang penting. Makanan, minuman, lingkungan, dan perilaku hidup yang  sehat perlu diperkenalkan guru sejak dini.

B.SARAN
1. Sebaiknya Guru bisa berperan dengan baik terhadap siswanya mengingat pentingnya peran guru, dalam hal ini pentingnya peran guru dalam hal menyajikan minuman sehat.
2. Sebaiknya guru perlu memperhatikan penyajian minuman sehat bagi anak untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya.
3. Guru ataupun calon guru dapat menjadikan makalah ini sebagi rujukan dalam materi mengajarnya.






DAFTAR PUSTAKA

pengertian, ciri-ciri, dan contoh minuman yg sehat. http://id.answers.yahoo.com/question
/index?qid=20090929022259AA99qkR. Didownload pada hari Selasa, 16 November
2010.Jam 13:56 WIB. Di kampus II PGSD UNY.

7 Minuman Sehat Pengganti Air Putih. http://www.lihatberita.com/2010/10/7-minuman-sehat-

pengganti-air-putih.html. Didownload pada hari Selasa, 16 November 2010.Jam 13:28 WIB. Di kampus II PGSD UNY.
air-putih.html. Didownload pada hari Selasa, 16 November 2010.Jam 14:14 WIB. Di kampus II PGSD UNY.
Bahaya minuman Kemasan. http://nawhi.multiply.com/journal/item/124. Didownload pada hari
            Selasa, 16 November 2010.Jam 14:24 WIB. Di kampus II PGSD UNY.
Peran guru. http://www.bpkpenabur.or.id/files/Hal.59-68%20Peran%20Guru.pdf. Didownload
 pada hari Selasa, 16 November 2010.Jam 14:41 WIB. Di kampus II PGSD UNY.
Pertumbuhan dan perkembangan anak. http://www.bayisehat.com/child-development-
            mainmenu-35/256-pertumbuhan-dan-perkembangan-anak.html. Didownload
 pada hari Selasa, 16 November 2010.Jam 14:49 WIB. Di kampus II PGSD UNY

1 komentar:

  1. Bagus artikelnya.
    Jika berkenan silahkan kunjungi blog kami juga : Berbagai khasiat yang dimiliki oleh Susu Kambing Etawa.
    Terima kasih.

    BalasHapus