Senin, 14 Maret 2011

Apakah Kaktus Mempunyai Daun?

Kaktus dapat tumbuh di kondisi yang sangat ganas karena tumbuhan itu sudah menyesuaikan diri dengan kondisi tersebut.
Kaktus mempunyai struktur dasar dan proses yang sama dengan tumbuhan lain. Tapi pekerjaan yang dilakukan oleh daun pada sebagian besar tumbuhan, dilakukan oleh batang dan cabang pada kaktus. Bahkan, ketiadaan daun dan keberadaan cabang dan batang yang dipenuhi duri memungkinkan mereka untuk bertahan hidup di daerah yang panas dan kering.
Daun pada tumbuhan lain adalah struktur tipis yang dipenuhi dengan pori dari mana tumbuhan bernafas. Selama proses pembuatan sel yang dilakukan oleh tumbuhan lain, air diuapkan ke udara melalui pori-pori ini.
Tumbuhan kaktus harus menjaga setiap tetes air. Jadi pekerjaan daun diambil alih oleh batang dan cabang. Kulitnya yang tebal hanya mempunyai sedikit pori, dan air di dalam kaktus tertahan.
Akar kaktus tersebar dekat permukaan tanah. Itulah sebabnya mengapa kaktus dapat cepat menyerap air dari tanah setelah hujan. Air ini, yang ditarik melalui akar, lalu disimpan di dalam batangnya yang berongga. Lapisan luar tumbuhan ini tebal dan berlilin, dan ini juga mencegah keluarnya air.
Kulit luar kaktus berlekuk.beberapa kaktus mempunyai rusuk yang terlipat dan melebar seperti akordeon. Mereka melebar ketika penuh air dan melipat ketika airnya sudha habis digunakan.
Ada beberapa anggota keluarga kaktus yang mempunyai daun, seperti semak lemon di Hindia Barat. Tapi sebagian besar kaktus yang berdaun sudah berkembang menjadi duri, paku atau bulu-bulu. Ini membantu menjaga kaktus dari hewan yang akan memakan mereka, karena mereka hanya satu-satunya tumbuhan hijau di daerah tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar