Kamis, 12 April 2012

METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM BASED LEARNING


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Pendidikan memegang peranan yang  sangat penting dalam kehidupan manusia.dengan adanya pendidikan maka akan dapat membantu manusia dalam mengembangkan diri sehingga mampu menghadapi permasalahan yang terjadi dalam kehidupannya.
Dalam mengelola proses belajar mengajar di dunia pendidikan diperlukan suatu keterampilan tertentu oleh guru untuk menyampaikan sesuatu materi  pelajaran sesuai dengan target yang telah diterapkan oleh kurikulum.penyampaian materi oleh guru supaya berhasil mencapai  tujuannya perlu memperhatikan masalah yang paling penting disamping materi pelajaran yaitu penggunaan metode pengajaran.
Metode mengajar merupakan factor yang penting dan sering dijadikan bahan pembicaraan dalam dunia pendidikan.metode mengajar adalah suatu ilmu yang mempelajari tata cara mengajar.cara mengajar memang sangat diperlukan oleh seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar.metode mengajar harus sesuai dengan materi yang akan disampaikan dan perlu pertimbanganan hal yang lain seperti alat dan saran,besar kecilnya kelas,tempat belajar,dll.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan metode pembelajaran problem solving dan problem based learning?
2.      Apa karakteristik dari metode pembelajaran problem solving dan problem based learning?
3.      Apa hakikat masalah dalam metode pembelajaran problem solving?
4.      Apa tahap-tahap dari pembelajaran problem based learning?
5.      Apa saja kelebihan dari metode pembelajaran problem solving dan problem based learning?
6.      Apa kelemahan dari metode pembelajaran problem solving dan problem based learning?

C.     Tujuan
1.      Untuk mengetahui yang  dimaksud problem based learning dan problem solving.
2.      Untuk mengetahui karakteristik dari metode pembelajaran problem solving dan problem based learning
3.      Untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan apa saja dari metode pembelajaran problem solving dan metode pembelajaran problem based learning.
4.      Untuk mengetahui masalah apa yang dihadapi  dalam menggunakan metode pembelajaran problem solving.
5.      Untuk mengetahui tahap-tahap dari metode pembelajaran problem based learning.























BAB II
                                          PEMBAHASAN

A.    METODE PROBLEM SOLVING

1.      Pengertian Metode Pembelajaran Problem solving
Metode pembelajaran problem solving merupakan rangkaian aktivitas pembelajaran yang menekankan kepada proses penyelesaaian secara ilmiah.metode ini tidak mengharapakan siswa hanya sekedar  mendengarkan,mencatat,kemudian menghafal materi pelajaran akan tetapi melalui metode problem solving siswa aktif berpikir,berkomunikasi,mencari dan mengolah data dan akhirnya menyimpulkan.Sanjaya wijaya(2008).
Menurut Suharno,dkk (2006) metode problem solving adalah suatu cara mengajar yang memberikan kesempatan pada  semua siswa untuk menganalisis dan melakukan sintesa dalam kesaatuan struktur atau situasi dimana masalah itu beradadan atas inisiatif itu sendiri.
Menurut Zuhairni(1997:110) menngungkapakan bahwa metode pemecahan masalah atau problem solving merupakan suatu metode dalam pendidikan dan pengajaran yang sejalan,untuk melatih siswa menghadapi masalah dari  yang paling sederhana sampai yang paling rumit.
Adapun tujuan utama penggunaan metode problem solving dalam kegiatan belajar mengajar yaitu:
a.       Mengembangkan kemampuan berfikir,terutama dalam mencari sebab akibat dan tujuan suatu permasalahan.
b.      Memberikan pengetahuan dan kecakapan praktis yang bernilai atau bermanfaat bagi keperluan kehidupan sehari-hari.
c.       Belajar bertindak dalam situasi baru.
d.      Belajar bekerja sistematis dalam memecahkan masalah.


2.      Karakteristik Metode Pembelajaran Problem Solving
Metode pembelajaran problem solving dapat diartikan sebagai rangkaian aktivitas pembelajaran yang menekankan pada proses penyelesaian masalah yang dihadapi secara ilmiah.terdapat 3 ciri utama dari metode problem solving.
a.       Metode problem solving merupakan rangkaian aktivitas pembelajaran
     Artinya dalam  implementasi problem solving ada sejumlah kegiatan yang       harus dilakukan siswa.
b.      Aktivitas pembelajaran diarahkan untuk menyelesaikan masalah.metode ini menempatkan masalah sebagai kunci dari proses pembelajaran.
c.       Pemecahan masalah dilakukan dengan menggunakan pendekatan berpikir secara ilmiah
Sanjaya Wina(2008)mengungkapkan bahwa metode problem solving dapat diterapkan:
a)      Manakala guru menginginkan agar siswa tidak hanya sekedar memngingat materi pelajaran,akan tetapi menguasai dan memahaminya secara penuh.
b)      Apabila guru bermaksud untuk mengembangkan keterampilan berpikir rasional siswa,yaitu kemampuan menganalisis situasi,menerapkan pengetahuan yang mereka miliki dalam situasi baru,mengenal adanya perbedaan antara fakta dan pendapat,serta mengembangkan kemampuan dalam membuat judgement secara objektif .
c)      Manakala guru menginginkan kemampuan siswa untuk memecahkan masalah serta membuat tantangan intelektual siswa.
d)     Jika guru ingin mendorong siswa untuk lebih bertanggung jawab.
e)      Jika guru ingin agar siswa memahami hubungan antara apa yang dipelajari dengan kenyataan dalam kehidupannya.



3.      Hakikat Masalah Dalam Metode Problem Solving
Hakikat masalah dalam metode problem solving adalah kesenjangan antara situasi nyata dan kondisi yang diharapkan.oleh karena itu maka materi pelajaran atau topic tidak terbatas pada materi pelajaran yang bersumber dari buku saja,akan tetapi juga dapat bersumber dari peristiwa tertentu sesuai dengan kurikulum yang berlaku.berikut ini criteria pemilihan bahan pelajaran dalam metodde pembelajran problem solving:
a.       Bahan pelajaran harus mengandunng ilmu dan konflik
b.      Bahan yang dipilih adalah bahan yang bersifat familiar dengan siswa
c.       Bahan yang dipilih merupakan bahan yang berhubungan dengan kepentingan orang banyak
d.      Bahan yang dipilih merupakan bahan yang mendukung tujuan atau kompetensi.
e.       Bahan yang dipilih sesuai dengan minat siswa.

4.      Kelebihan Metode Problem Solving
kelebihan dari metode problem solving menurut Syaiful bahri Djamarah dan Aswan Zain(2002:104)sebagai berikut:
a.       Metode ini membuat pendidikan disekolah menjadi lebih relevan dengan kehidupan .
b.      Dapat membiasakan para siswa menghadapi permasalahan di dalam kehidupan.
c.       Merangsang pengembangan berfikir siswa secara kreatif dan menyeluruh
d.      Melatih siswa untuk mengidentifikasikan dan melakukan penyelidikan
e.       Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan yang mereka miliki dalm dunia nyata.

5.      Kelemahan Metode Problem Solving
a.       Manakala siswa tidak memiliki minat dan tidak memiliki keercayaan bahwa masalah yang di pelajari sulit dipecahkan, maka mereka akan merasa enggan untuk mencoba
b.      Mengubah kebiasaan siswa belajar dari mendengarkan dan menerima informasi dari guru menjadi belajar dengan banyak berfikir memecahkan permasalahan sendiri atau kelompok kadang memerlukan berbagai sumber belajar merupakan kesulitan tersendiri bagi siswa
c.       Proses belajar mengajar dengan menggunakan metode ini sering memerlukan waktu yang cukup banyak.

B.     PROBLEM BASED LEARNING
1.      Pengertian Metode Based learning
Menurut A. Mukhadis, problem based learning atau pembelajaran berbasis masalah merupakan strategi pembelajaran dalam konteks kehidupan nyata yang berorientasi pemecahan masalah dengan memanfaatkan berpikir kritis, sintetik dan praktikal melalui pemanfaatan multiple intelegences dengan membiasakan belajar “Bagaimana belajar”.  Karena pembelajaran ini terpusat melalui masalah-masalah yang relefan. Terpusat karena berisi scenario, tema, unit yang menempatkan kembali kepada pembelajaran yang diinginkan.
Dari paparan penjelasan tersebut diatas maka problem based learning atau pembelajaran berbasis masalah adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi peserta didik untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi kuliah atau materi pelajaran. Sehingga pembelajaran based learning dapat dikatakan sebagai sebuah strategi pembelajaran yang memanfaatkan masalah-masalah yang actual sesuai dengan bidang keilmuannya secara terintegrasi melalui pemanfaatan kecerdasan-kecerdasan manusia meliputi IQ, EQ maupun SQ untuk mengembangkan pemikiran kritis dan kreatif dari peserta didik.
Dari sini dapat diketahui bahwa tujuan pembelajaran berbasis masalah adalah:
a.       Pemecahan masalah secara efektif, efisien, menarik, terintegrasi dan fleksibel.
b.      Pemecahan masalah dengan penuh inisiatif dan antusias.
c.       Kemampuan belajar mandiri dan menjadi habit (kebiasaan) dalam kehidupan sehari-hari.
d.      Mampu berkolaborasi secara efektif, efisien dan menarik dalam sebuah kerja tim.
e.       Ingin meningkatkan secara maksimal daya tahan pengingatan atau retensi. Kita tidak ingin hal-hal yang kita belajarkan berjalan di tempat atau tidak berdaya sama sekali. Kita tidak memiliki waktu khusus untuk melatih seseorang, sehingga kita perlu meyakinkan bahwa daya tahan pengingatan tinggi.
f.       Untuk menjamin penyampaian informasi yang bukan hanya sekedar transfer pengetahuan (transfer of knowledge) saja. Untuk itu, kita perlu menjadikan pebelajar mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam setiap situasi.

2.      Karakteristik Pembelajaran Based Learning
Ciri-ciri dari pembelajaran berbasis masalah (PBL) adalah sebagai berikut:
a.       Menggunakan masalah sebagai fakta serta alternative solusi yang dapat dilakukan.
b.      Memfokuskan pada interdisiplin keilmuan.
c.       Menggunakan penyelidikan secara otentik.
d.      Hasil solusi akhir dapat dipertanggungjawabkan.
Dalam PBL, siswa dituntut bertanggungjawab atas pendidikan yang mereka jalani, serta diarahkan untuk tidak terlalu tergantung pada guru. PBL membentuk siswa mandiri yang dapat melanjutkan proses belajar pada kehidupan dan karir yang akan mereka jalani. Seorang guru lebih berperan sebagai fasilitator atau tutor yang memandu siswa menjalani proses pendidikan. Ketika siswa menjadi lebih cakap dalam menjalani proses belajar PBL, tutor akan berkurang keaktifannya. 
Proses belajar PBL dibentuk dari ketidakteraturan dan kompleksnya masalah yang ada di dunia nyata. Hal tersebut digunakan sebagai pendorong bagi siswa untuk belajar mengintegrasikan dan mengorganisasi informasi yang didapat, sehingga nantinya dapat selalu diingat dan diaplikasikan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang akan dihadapi. Masalah-masalah yang didesain dalam PBL memberi tantangan pada siswa untuk lebih mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan mampu menyelesaikan masalah secara efektif.
3.      Tahap-tahap Pembelajaran Berbasis Masalah
Sebagaimana penjelasan di atas bahwa Pembelajaran Berbasis Masalah ini menuntut peserta didik untuk menghadapi apa yang telah mereka ketahui dan apa yang belum mereka ketahui.  Situasi ini mengajak mereka untuk mengajukan pertanyaan, melakukan penelitian, dan menentukan tindakan apa yang akan diambil.
Langkah-langkah berikut ini merupakan salah satu model pemecahan masalah. Menurut Lepinski (2005) tahap-tahap pemecahan masalah sebagai berikut ini, yaitu: 1) penyampaian ide (ideas), 2) penyajian fakta yang diketahui (known facts), 3) mempelajari masalah (learning issues), 4) menyusun rencana tindakan, (action plan) dan 5) evaluasi (evaluation).
a.         Tahap 1: Penyampaian Ide (Ideas)
Pada tahap ini dilakukan secara curah pendapat (brainstorming). Peserta didik merekam semua daftar masalah (gagasan,ide) yang akan dipecahkan. Mereka kemudian diajak untuk melakukan penelaahan terhadap ide-ide yang dikemukakan atau mengkaji pentingnya relevansi ide berkenaan dengan masalah yang akan dipecahkan (masalah actual, atau masalah yang relevan dengan kurikulum), dan menentukan validitas masalah untuk melakukan proses kerja melalui masalah.
b.        Tahap 2: Penyajian Fakta yang Diketahui (Known Facts)
Pada tahap ini, peserta didik diajak mendata sejumlah fakta pendukung sesuai dengan masalah yang telah diajukan. Tahap ini membantu mengklarifikasi kesulitan yang diangkat dalam masalah. Tahap ini mungkin juga mencakup pengetahuan yang telah dimiliki oleh peserta didik berkenaan dengan isu-isu khusus, misalnya pelanggaran kode etik, teknik pemecahan konflik, dan sebagainya.

c.         Tahap 3: Mempelajari Masalah ( Learning Issues)
Peserta didik diajak menjawab pertanyaan tentang, Apa yang perlu kita ketahui untuk memecahkan masalah yang kita hadapi? Setelah melakukan diskusi dan konsultasi, mereka melakukan penelaahan atau penelitian dan mengumpulkan informasi. Peserta didik melihat kembali ide-ide awal untuk menentukan mana yang masih dapat dipakai. Seringkali, pada saat para peserta didik menyampaikan masalah-masalah, mereka menemukan cara-cara baru untuk memecahkan masalah. Dengan demikian, hal ini dapat menjadi sebuah proses atau tindakan untuk mengeliminasi ide-ide yang tidak dapat dipecahkan atau sebaliknya ide-ide yang dapat dipakai untuk memecahkan masalah.
d.       Tahap 4: Menyusun Rencana Tindakan (Action Plan)
Pada tahap ini, peserta didik diajak mengembangkan sebuah rencana tindakan yang didasarkan atas hasil temuan mereka. Rencana tindakan ini berupa sesuatu (rencana) apa yang mereka akan lakukan atau berupa suatu rekomendasi saran-saran untuk memecahkan masalah.
e.        Tahap 5: Evaluasi
Tahap evaluasi ini terdiri atas tiga hal:
1)    bagaimana pebelajar dan evaluator menilai produk (hasil akhir) proses,
2)    bagaimana mereka menerapkan tahapan PBM untuk bekerja melalui masalah, dan
3)    bagaimana pebelajar akan menyampaikan pengetahuan hasil pemecahaan masalah atau sebagai bentuk pertanggung jawaban mereka.
Peserta didik menyampaikan hasil-hasil penilaian atau respon-respon mereka dalam berbagai bentuk yang beragam, misalnya: secara lisan atau verbal, laporan tertulis, atau sebagai suatu bentuk penyajian formal lainnya.




4.      Kelebihan Metode Problem Based Learning
Kelebihan yang paling menonjol dalam penerapan metode Pembelajaran Berbasis Masalah antara lain:
a.         Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memecahkan masalah-masalah menurut cara-cara atau gaya belajar individu masing-masing. Dengan cara mengetahui gaya belajar masing-masing individu, kita diharapkan dapat membantu menyesuaikan dengan pendekatan yang kita pakai dalam pembelajaran.
b.        Pengembangan keterampilan berpikir kritis (critical thinking skills).
c.         Peserta didik dilatih untuk mengembangkan cara-cara menemukan (discovery), bertanya (questioning), mengungkapkan (articulating), menjelaskan atau mendeskripsikan (describing) mempertimbangkan atau membuat pertimbangan (considering), dan membuat keputusan (decision-making). Dengan demikian, peserta didik menerapkan suatu proses kerja melalui suatu situasi bermasalah, siang mengandung masalah.

5.      Kelemahan Metode Problem Based Lerning
a.       Pembelajaran model PBL memnbutuhksn waktu yang lama.
b.      Perlu ditunjang oleh buku yang dapat dijadikan pemahaman dalam kegiatan belajar terutama membuat soal.









BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Metode pembelajaran problem solving merupakan rangkaian aktivitas pembelajaran yang menekankan kepada proses penyelesaaian secara ilmiah.metode ini tidak mengharapakan siswa hanya sekedar  mendengarkan,mencatat,kemudian menghafal materi pelajaran akan tetapi melalui metode problem solving siswa aktif berpikir,berkomunikasi,mencari dan mengolah data dan akhirnya menyimpulkan. Adapun tujuan utama penggunaan metode problem solving dalam kegiatan belajar mengajar yaitu:Mengembangkan kemampuan berfikir,terutama dalam mencari sebab akibat dan tujuan suatu permasalahan. Memberikan pengetahuan dan kecakapan praktis yang bernilai atau bermanfaat bagi keperluan kehidupan sehari-hari. Belajar bertindak dalam situasi baru. Belajar bekerja sistematis dalam memecahkan masalah.
Belajar berbasis masalah, atau yang lebih popular dengan Problem-based learning, PBL) adalah suatu metode atau cara pembelajaran, atau mungkin dalam pelatihan, yang ditandai oleh adanya masalah nyata, a real-world problems, sebagai sebuah konteks bagi para pebelajar untuk belajar berpikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah serta memperoleh pengetahuan.
Ada dua tujuan utama PBM. Tujuan yang pertama, adalah ingin meningkatkan secara maksimal daya tahan pengingatan atau retensi. Tujuan yang kedua, adalah untuk menjamin penyampaian informasi yang bukan hanya sekedar transfer pengetahuan (transfer of knowledge) saja. tahap-tahap pemecahan masalah sebagai berikut ini, yaitu penyampaian ide (ideas),  penyajian fakta yang diketahui (known facts), mempelajari masalah (learning issues), menyusun rencana tindakan, (action plan) dan evaluasi (evaluation).


DAFTAR PUSTAKA

1 komentar:

  1. dapet buku mngenai problem solving dmna yaa..q ksulitan nyari

    BalasHapus