RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : III (Tiga) / II (Dua)
Materi Pokok : Bangun Datar
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)
A. Standar Kompetensi
5. Menghitung keliling, luas persegi, dan persegi panjang serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
B. Kompetensi Dasar
5.2 Menyelesaikan luas persegi dan persegi panjang.
C. Indikator Pembelajaran
1. Menemukan rumus luas persegi panjang dan menentukan atau menghitung luas persegi
panjang.
2. Menentukan atau menghitung luas persegi panjang.
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah memperagakan langsung dan diskusi :
1. Siswa dapat menemukan rumus luas persegi panjang dan menentukan atau menghitung luas persegi panjang.
2. Siswa dapat menentukan atau menghitung luas persegi panjang
3. Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (discipline), rasa homat dan perhatian (respect), tekun (dilligence), kooperatif (cooperative) dan bertanggungjawab (responsibility).
E. Metode/Pendekatan Pembelajaran
1. Metode Pembelajaran
1. Ceramah variasi
2. Diskusi
3. Tanya-jawab
4. Praktek langsung
5. Penugasan
6. Kerja kelompok
2. Pendekatan Pembelajaran
Kontekstual
F. Materi Essensial
- Rumus persegi panjang
- Menghitung luas persegi panjang
G. Sumber/Alat Pembelajaran
1. Buku Cerdas Matematika 3B untuk Sekolah Dasar Kelas 3 Semester Kedua, Yudhistira.
2. Buku Terampil Berhitung Matematika untuk SD Kelas 3, Penerbit Erlangga.
3. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar, Model Silabus Kelas 3 SD, BSNP.
4. LKS (lembar kegiatan siswa)
5. Model dari kertas berpetak
6. Tali
7. Lingkungan sekitar dengan ubin persegi
H. Langkah-langkah Kegiatan Belajar Mengajar
1. Pertemuan I (70 Menit)
a. Kegiatan Awal (7 Menit)
Jenis Kegiatan | Alokasi Waktu | Keterangan |
| 2 menit 5 menit | Pada kegiatan ini siswa menjadi tahu tujuan dari kegiatan belajar dan termotivasi , hal ini merupakan tujuan pembelajaran kontekstual |
b. Kegiatan Inti (58 Menit)
Jenis Kegiatan | Alokasi Waktu | Keterangan |
Eksplorasi 1. Siswa menghitung luas lantai yang dibatasi dengan tali membentuk persegi panjang dengan menghitung banyaknya ubin yang dibatasi oleh tali tersebut 2. Siswa mengamati gambar model persegi yang disiapkan oleh 3. Selanjutnya siswa disuruh menghitung luas persegi panjang apabila 1 ubin merupakan satu satuan luas | 11 Menit | Konstruk ilmu pengetahuan dari praktek langsung. |
Elaborasi 1. Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok yang terdiri dari 5-6 orang 2. Siswa berdiskusi dengan kelompok untuk menyelesaikan masalah dengan caranya sendiri untuk mendapatkan luas persegi panjang. 3. Siswa dalam kelompoknya saling memberikan kontribusi, saling bertukar dan berdiskusi tentang semua gagasan 4. Tiap kelompok diminta untuk menuliskan jawabannya di papan tulis dan sekaligus tanya jawab dengan kelompok lain dari mana jawaban tersebut diperoleh atau alasannya mendapatkan jawaban tersebut. | 30 Menit | Mengondisikan siswa sebagai masyarakat belajar serta pemodelan antar individu siswa Siswa mulai mencapai tahap inquiri dan proses questioning |
Konfirmasi 1. Siswa digiring atau dimotivasi kepada jawaban yang benar atas berbagai alternatif jawaban yang telah disampaikan untuk menemukan jawaban yang benar dan cara yang paling mudah. 2. Mengonfirmasi pemahaman siswa mengenai pengetahuan yang didapat untuk penyelesaian soal pengembangan. 3. Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami. 4. Siswa bersama guru melakukan refleksi untuk pembelajaran pada hari ini. | 17 Menit | Konfirmasi dengan memperbarui pengetahuan dan menguatkan pengetahuan yang baru. Tahap refleksi siswa bebas menafsirkan pengalaman belajar masing-masing. |
c. Kegiatan Penutup (5 Menit)
Jenis Kegiatan | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. Guru memberikan evaluasi pada siswa. 2. Guru menutup pelajaran | 5 menit 2 menit | Tahap akhir dengan penilaian sebenarnya |
I. PENILAIAN
1. Kognitif
Jenis Tes : Tes Tertulis
Bentuk Tes : Essai
Jumlah Soal : 5
Skor Max : 10 ( B X 2)
2. Afektif
No | Aspek | Kriteria | Skor |
1 | Afektif | - Kerjasama. - Tanggung jawab. - Kedisiplinan ketekunan. - Menghargai pendapat temen. - Kejujuran. | |
Keterangan :
A= Baik sekali ( skor 4 )
B= Baik ( skor 3 )
C= Cukup ( skor 2 )
D= Kurang ( skor 1 )
3. Psikomotor
No | Aspek | Kriteria | Skor |
1 | Psikomotor | - Anak mampu memperagakan bentuk persegi panjang dengan tali | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar